Jumat, 10 Desember 2010

ISYARAT CINTA

ISYARAT CINTA
Oleh: M. Zamroni

Apabila cinta memberi isyarat kepadamu, ikutilah dia,
Walau jalannya sukar dan curam.
Dan apabila sayapnva memelukmu menyerahlah kepadanya.
Walau pedang tersembunyi di antara ujung-ujung sayapnya bisa melukaimu.
Dan kalau dia bicara padamu percayalah padanya.
Walau suaranya bisa membuyarkan mimpi-mimpimu bagai angin utara mengobrak-abrik taman.
Cinta tak memberikan apa-apa kecuali dirinya sendiri dan tiada mengambil apa pun kecuali dari dirinya sendiri.
Cinta tiada memiliki, pun tiada ingin dimiliki; Karena cinta telah cukup bagi dirinya

Berbicara masalah cinta, tentu rasa bosan tidak akan pernah ada, karena didalam cinta tersimpan pesona keindahan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Seringkali para pecinta hanya bisa mengukir rasa cinta yang bergejolek didalam jiwa hanya lewat guratan pena dan hayalan semata. Tapi untuk mengungkapkan kepada orang yang dicintai seringkali tidak ada keberanian untuk mengungkapkan kata cinta itu.
Padahal hal-hal yang ditakutkan , belum tentu terjadi. Malah biasa jadi sebaliknya yang akan terjadi, siapa tau orang yang kita cintai juga memendam perasaan yang sama kepada kita. Untuk mengetahuai apakah orang yang kita cintai juga ada rasa kepada kita, sebenarnya ada tanda-tanda yang menandakan kalau seseorang memiliki rasa yang sama terhadap kita. Hal ini perlu diketahui untuk meningkatkan keberanian untuk mengungkapkan rasa cinta yang kita rasa bisa tumbuh dalam diri untuk menggapai cinta yang kita damba.
Diantara tanda-tanda adanya rasa dihati adalah:
 Pandangan mata
Mata adalah salah satu indra manusia yang sangat unik, karena dari sinar mata semua perasaan manusia dapat terungkap. Begitu juga halnya ketika dihati terdapat glora cinta, maka mata akan memancarkan pesona cinta, yang memberikan kedamain ketika kita menatapnya. Mata yang memencarkankan cahaya cinta akan sanggup menerobos langsung kedalam hati. Jiwa akan tenang tatkala memendang sang belahan jiwa jika matanya memencarkan cahya pesona cinta, karena dengan begitu berarti dia memiliki rasa yang sama, tatapan tersebut akan terasa mendamaikan hati
Hal ini tentu akan terasa berbeda tatkala orang yang kita tatap atau orang yang menatap kita tidak memiliki rasa, tatapannya akan terasa biasa dan hambar. Hal ini kita bisa buktikan, ketika kita bertemu dengan orang yang kita cintai, coba tatap matanya, kalau kita merasakan kedamaian ketika menatapnya berarti dia juga ada rasa. Karena pada biasanya ketika tatapan sudah menyatu menandakan rasa yang satu juga.
Ciri lain yang bisa kita lihat adalah, ketika kita berpapasan dan saling menatap dengan tatapan cinta, maka hal itu tidaklah akan sanggup untuk dilewati dan dicukupkan sekali saja. Kalau dihatinya ada cinta dia akan berbalik lagi sekedar untuk melihat kita, hal ini biasanya akan dilakukan sampai dua atau tiga kali dengan menoleh, bahkan akan dilakukan sampai kita tidak bisa saling melihat lagi.
 Sikap yang tidak biasa (Grogi)
Tanda yang kedua ini, adalah sikap yang biasa dan bisa kita lihat ketika bertemu. Sikap yang tidak biasa atau grogi, merupakan tanda yang menunjukkan bahwa dihatinya ada cinta. Karena sikap grogi yang ditunjukkan tentu ada alasan, dan alasannya adalah karena ada rasa yang tersimpan dihatinya. Sikap grogi ini bisa dilihat dari sikap, gerak-gerik, pembicaraan dan juga yang lainnya.
Orang yang grogi sikapnaya akan tidak menentu, karena hatinya juga tidak menentu. Ada rasa yang sulit dan membingungkan untuk diterjemahkan. Segala yang dilakukan terasa serba salah, karena sebenernya sikap yang dia ingin tunjukkan adalah bersikap yang terbaik dihadapan orang yang dicintainya. Oleh karena itu, ini adalah tugas kita untuk bersikap yang sekiranya bisa membuat dia biasa tenang dan rileks, jangan sampai ikut grogi. Tentunya caranya adalah dengan berharap, berusaha dan diberbarengkan dengan perbuatan, sebagaimana dikatakan Imam Ibnu 'Athoillah dalam kitab Al-Hikam:
الرجاء ما قرانه عمل والا فهو امنية
"Harapan itu pada dasarnya harus di barengkan dengan perbuatan, jika tidak dibarengkan dengan perbuatan. Maka itu adalah lamunan semata"
Jadi untu apa kita mencintai, kalau tanpa ada usaha dari diri kita.
 Akan selalu senang dan mendukung apapun yang dilakukan orang yang dicintai.
Kalau ada rasa dihati, kan senantiasa selalu saling mendukung dalam setiap acara dan kegiatan, misalnya Dedare lombok tengah kalau ada rasa ke salah satu pengurus Sub Rayon pasti akan selalu senang dengan apa yang dilakukan berayenya. Seperti akan selalu siap mendukung penerbitan Bultin Nurul Wushto dan segala bentuk kegiatan yang
lain, begitupun sebaliknya, ketika ada hal, yang ingin dilakukan Warga Loteng Putri, Bajank-bajank Loteng pasti siap mendukung dan membantu dalam segala hal. Kalau seperti itu yang terjadi berarti sudah sama-sama ada rasa.
 Sering menceritakan Hal-hal yang berkaitan dengan orang yang dicintai
من احب شيئا كثر ذكره (الحديث)
“Barang siapa yang mencintai sesuatu, maka ia akan sering menyebutnya”.
Hadist Nabi Muhammad Saw tersebut, cocok untuk mewakili ciri tentang adanya rasa cinta didalam hati.
Bagaimanapun, dan siapapun pasti seneng membicarakan orang yang dicintainya. Membicarakan orang yang dicintai adalah topik yang paling menarik untuk diperbincangkan. Tak kenal waktu ataupun tempat, membicarakan si Do’I akan selalu menjadi bahan yang selalu aktual , baik disekolah, di asrama, di pemandian, bahkan dijeding ketika mandipun tak lepas dari memperbincangkan si belehan jiwa.
Jadi, kalau dia selalu membicarakan anda, berarti ada rasa dihatinya. Untuk mengetahui hal ini tentunya kita harus dekat dengan sahabat dekatnya. Dengan begitu mudah untuk mengetahui kalau dia punya rasa.
 Selalu mencari kesempatan untuk bisa bertemu
Gunung tinggi kan ku daki, lautan kan kusebrangi untuk bertemu denganmu, wah lirik lagu tu memeng benar adanya, kalau sudah ada rasa dihati yang ada bawaannya ingin bertemu terus. Maka, segala cara akan dilakukan, tidak perduli harus nongkrong berjam-jam didepan warung untuk menunggu kekasih hati yang dari SMA pulang sekolah. (wah ciapa tu ya?). walaupun hanya sebatas melihat dari jarak jauh, akan ada kepuasan tersendiri didalam hati karena sudah bisa melihat orang yang dicintainya. Apalagi kalau bisa bertemu dan berbicara, maka hati akan dipenuhi dengan bunga-bunga kebahagiaan. Namun yang sering terjadi adalah ketika sudah bertemu, malah bingung, tegang, takut, gak berani ngomong, wah gimana dong?, jangan hawatir itu memeng tanda-tandanya ada rasa dihati
Setelah kita tahu beberapa isyarat cinta diatas, tentunya dengan mudah kita ketahui kalau dia punya rasa apa tidak kepada kita, dengan begitu kita kan lebih berani untuk mengungkapkan isi hati kita. Namun hati hati jangan sampai “ Gobok teriq paran kenyamen dengan Merik paran berangen”.kalau seperti itu kan jadi “ galeng bedah lek berugaq, Paleng leleh ndenaraq upaq”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar