Tokoh-Tokoh


ABBAD BIN BISYIR
SELALU DISERTAI CAHAYA  ALLAH

Ketika Mush'ah bin Umeir tiba di Madinah-sebagai utusan dari Rasulullah shallallahu alaihi wasalam untuk mengajarkan seluk beluk Agama kepada orang-orang Anshar yang telah bai'at kepada Nabi dan membimbing mereka melakukan shalat, maka'Abbad bin Bisyir radhiallahu anhu adalah seorang budiman yang telah dibukakan Allah hatinya untuk menerima kebaikan. la datang menghadiri majlis Mush'ab dan mendengarkan da'wahnya, lain diulurkan tangannya mengangkat bai'at memeluk Islam. Dan semenjak saat itu mulailah ia menempati kedudukan utama di antara orang-olang Anshar yang diridlai oleh Allah serta mereka ridla kepada Allah ....
Kemudian Nabi pindah ke Madinah, setelah lebih dulu orang-orang Mu'min dari.Eulekah tiba di sana. Dan mulailah terjadi peperangan-peperangan dalam mempertahankan diri dari serangan-serangan kafir Quraisy dan sekutunya yang tak henti-hentinya memburu Nabi dan ummat Islam. Kekuatan pembawa cahaya dan kebaikan bertarung dengan kekuatan gelap dan kejahatan. Dan pada setiap peperangan itu 'Abbad bin Bisyir berada di barisan terdepan, berjihad di jalan Allah dengan gagah berani dan mati-matian dengan cara yang amat mengagumkan ....
Dan mungkin peristiwa yang kita paparkan di bawah ini dapat mengungkapkan sekelumit dari kepahlawanan tokoh Mu'min ini....
Rasulullah shallallahu alaihi wasalam  dan Kaum Muslimin selesai menghadapi perang Dzatur Riqa', mereka sampai di suatu tempat dan bermalam di sana, Rasulullah shallallahu alaihi wasalam :memilih beberapa orang shahabatnya untuk berkawal secara bergiliran. Di antara mereka terpiiih 'Ammar bin Yasir dan 'Abbad bin Bisyir yang berada pada satu kelompok.
Karena dilihat oleh 'Abbad bahwa kawannya 'Ammar sedang lelah, di usul kannyalah agar 'Ammar tidur lebih dulu dan ia akan berkawal. Dan nanti bila ia telah mendapatban istirahat yang cukup, maka giliran 'Ammar pula berkawal menggantikannya.
'Abbad melihat bahwa lingkungan sehelilingnya aman. Maka timbullah fikirannya, kenapa ia tidak mengisi waktunya dengan melakukan shalat, hingga pahala yang akan diperoleh akan jadi berlipat ... ? Demikianlah ia bangkit melakukannya ....
Tiba-tiba sementara ia berdiri sedang membaca sebuah surat Al-Quran setelah al-Fatihah sebuah anak panah menancap di pangkal lengannya. Maka dicabutnya anak panah itu dan diteruskannya shalatnya.....
Tidak lama antaranya mendesing pula anak panah kedua yang mengenai anggota badannya.
Tetapi ia tak hendak menghentikan shalatnya hanya dicabutnya anak panah itu seperti yang pertama tadi, dan dilanjutkannya bacaan surat.
Kemudian dalam gelap malam itu musuh memanahnya lalu untuk ketiga kalinya. 'Abbad menarik anak panah itu dan mengakhiri bacaan surat. Setelah itu ia ruku' dan sujud ...,sementara tenaganya telah lemah disebabkan sakit dan lelah.
Lalu antara sujud itu diulurkannya tangannya kepada kawanya yang sedang tidur di sampingnya dan ditarik-tariknya ia sampai terbangun.
Dalam pada itu ia bangkit dari sujudnya dan membaca tasyahud, lalu menyelesaikan shalatnya.
'Ammar terbangun mendengar suara kawannya yang tak putus-putus menahan sakit: "Gantikan daku mengawal ..., karena aku telah kena... !"'Ammar menghambur dari tidurnya hingga menimbulkan kegaduhan dan takutnya musuh yang menyelinap. Mereka melarikan diri, sedang 'Ammar berpaling kepada temannya seraya katanya: "Subhanallah ... ! Kenapa saya tidak dibangunkan ketika kamu dipanah yang pertama kali tadi...," Ujar 'Abbad: -
"Ketika daku shalat tadi, aku membaca beberapa ayat al-Quran yang amat mengharukan hatiku, hingga aku tak ingin untuk memutuskannya ... ! Dan demi Allah, aku tidaklah akan menyia-nyiakan pos penjagaan yang ditugaskan Rasul kepada kita menjaganya, sungguh, aku lebih suka mati daripada memutuskan bacaan ayat-ayat yang sedang kubaca itu ... !"
'Abbad amat cinta sebali kepada Allah, kepada Rasul dan kepada Agamanya .... Kecintaan itu memenuhi segenap perasaan dan seluruh kehidupannya. Dan semenjak Nabi shallallahu alaihi wasalam  berpidato dan mengarahkan pembicaraannya kepada Kaum Ansbar, ia termasuk salah seorang di antara mereka. Sabdanya:
"Hai golongan Anshar... !
Kalian adalah inti, sedang golongan lain bagai kulit ari!
Maka tak mungkin aku dicederai oleh pihak kalian ..,!''
Semenjak itu, yakni semenjak 'Abbad mendengar ucapan ini dari Rasulnya, dari guru dan pembimbingnya kepada Allah, dan ia rela menyerahkan harta benda nyawa dan hidupnya di jaIan Allah dan di JaIan Rasul-Nya ..., maka kita temui dia di arena pengurbanan dan di medan iaga muncul sebagai orang pertama, sebaliknya di waktu pembagian keuntungan dan harta rampasan, sukar untuk ditemubannya
Di samping itu ia adalah seorang ahli ibadah yang tekun ..., seorang pahlawan yang gigih dalam berjuang ...,seorang dermawan yang rela berqurban ...,dan seorang mu'min sejati yang telah membaktikan hidupnya untuk keimanannya ini ... !
Keutamaannya ini telah dikenai luas di antara shahabat-shahabat Rasul. Dan Aisyah radhiallahu anha  Ummul Mu'minin pernah mengatakan tentang dirinya:  Ada tiga orang Anshar yang keutamaannya tak dapat diatasi oleh seorang pun juga yaitu:
Sa'ad bin Mu'adz, Useid bin Hudlair dan 'Abbad bin Bisyir... !"
Orang-orang Islam angkatan pertama mengetahui bahwa 'Abbad adalah seorang tokoh yang beroleh karunia berupa cahaya dari Allah .... Penglihatannya yang jelas dan beroleh penerangan, dapat mengetahui tempat-tempat yang baik dan meyakinkan tanpa mencarinya dengan susah-payah. Bahkan kepercayaan shahabat-shahabatnya mengenai cahaya ini sampai ke suatu tingkat yang lebih tinggi, bahwa ia merupakan benda yang dapat terlihat. Mereka sama sekata bahwa bila 'Abbad berjalan di waktu malam, terbitlah daripadanya berkas-berkas cahaya dan sinar yang menerangi baginya jalan yang akan ditempuh ....
Dalam peperangan menghadapi orang-orang murtad sepeninggal Rasulullah shallallahu alaihi wasalam maka 'Abbad memikul tanggung jawab dengan keberanian yang tak ada taranya ... i Apalagi dalam pertempuran Yamamah di mana Kaum Muslimin menghadapi balatentara yang paling kejam dan paling berpengalaman dibawah pimpinan Musailamatul Kaddzab, 'Abbad melihat bahaya besar yang mengancam Islam. Maka jiwa pengurbanan dan teras kepahlawanannya mengambil bentuk sesuai dengan tugas yang dibebankan oleh keimanannya, dan meningkat ke taraf yang sejajar dengan kesadarannya akan bahaya tersebut, hingga menjadikannya sebagai prajurit yang berani mati, yang tak menginginkan kecuali mati syahid di jalan Ilahi ....
Sehari sebelum perang Yamamah itu dimulai,'Abbad mengalami suatu mimpi yang tak lama antaranya diketahui Ta'birnya secara gamblang dan terjadi di arena pertempuran sengit yang diterjuni oleh Kaum Muslimin.
Dan marilah kita panggil seorang shahabat mulia Abu Sa'id al-Khudri radhiallahu anhu untuk menceritakan mimpi yang dilihat oleh 'Abbad tersebut begitu pun Ta'birnya, serta peranannya yang mengagumkan dalam pertempuran yang berakhir dengan syahidnya....
Demikian cerita Abu Sa'id: " 'Abbad bin Bisyir mengatakan kepadaku: -- "Hai Abu
Sa'id! Saya bermimpi semalam melihat langit terbuka untukku, kemudian tertutup lagi ... !
Saya yakin bahwa ta'birnya insya Allah saya akan menemui syahidnya ... !" "Demi Allah!" ujarku, "itu adalah mimpi yang baik ... !"
"Dan di waktu perang Yamamah itu saya lihat ia berseru kepada orang-orang Anshar: "Pecahkan sarung-sarung pedangmu dan tunjukkan kelebihan kalian .. !"
Maka segeralah menyerbu mengiringkannya sejumlah empat ratus orang dari golongan Anshar hingga sampailah mereka ke pintu gerbang taman bunga, lalu bertempur dengan gagah berani.
Ketika itu 'Abbad -- semoga Allah memberinya rahmat menemui syahidnya. Wajahnya saya lihat penuh dengan bekas sambaran pedang, dan saya mengenalnya hanyalah dengan melihat tanda yang terdapat pada tubuhnya ... !"
Demikianlah 'Abbad meningkat naik ke taraf yang sesuai untuk memenuhi kewajibannya sebagaiseorang Mu'min dari golongan Anshar, yang telah mengangkat bai'at kepada Rasul untuk membaktikan hidupnya bagi Allah dan menemui syahid di jalan-Nya ...
Dan tatkala pada permulaannya dilihatnya neraca pertempuran sengit itu lebih berat untuk kemenangan musuh, teringatlah olehnya ucapan Rasulullah terhadap Kaumnya golongan Anshar:
-- "Kalian adalah inti ... ! Maka tak mungkin saya dicederai oleh pihak kalian!"
Ucapan itu memenuhi rongga dada dan hatinya, hingga seolah-olah sekarang ini Rasulullah masih berdiri, mengulang-ulang kata-katanya itu ... 'Abbad merasa bahwa seluruh tanggung jawab peperangan itu terpikul hanya di atas bahu golongan Anshar semata ...atau di atas bahu mereka sebelum golongan lainnya ... ! Maka ketika itu naiklah ia ke atas sebuah bukit lalu berseru: -- "Hai golongan Anshar ... ! Pecahkan sarung-sarung pedangmu, dan tunjukkan keistimewaanmu dari golongan lain... !"
Dan ketika seruannya dipenuhi oleh empat ratus orang pejuang, 'Abbad bersama Abu Dajanah dan Barra' bin Malik mengerahkan rnereka ke taman maut, suatu taman yang digunakan oleh Musailamah sebagai benteng pertahanan…..dan pahlawan besar itu pun berjuanglah sebagai layaknya seorang laki-laki, sebagai seorang Mu'min ..., dan sebagai seorang warga anshar ....
Dan pada hari yang mulia itu, pergilah 'Abbad menemui syahidnya .,. ! Tidak salah mimpi yang dilihat dalam tidurnya semalam ,,. ? Bukankah ia melihat langit terbuka, kemudian setelah ia masuk ke celahnya yang terbuka itu, tiba-tiba langit
bertaut dan tertutup kembali... ! Dan mimpi itu dita'wilkannya bahwa pada pertempuran yang akan terjadi ruhnya akan naik ke haribaan Tuhan dan penciptanya
Sungguh, benarlah mimpi itu dan benarlah pula ta'birnya ... ! Pintu-pintu langit telah terbuka untuk menyambut ruh 'Abbad bin Bisyir dengan gembira, yakni searang tokoh yang oleh Allah diberi cahaya....


 Rusel
Rusel (1872-1970) Seorang filsuf dan ahli logika asal inggris yang memperoleh hadiah nobel untuk bidang kesastraan pada tahun 1950. Kejeniusannya mulai terlihat pada saat ia kuliah di universitas Cambridas Inggris, di mana ia belajar matematika dan filisofi. Ia berkeinginan mengekpresikan ilmu pengetahuan dalam bentuk yang disederhanakan, dan menghubungkan logika secara langsung dengan matematika.
Sumber: Ensiklopedi Matematika dan Peradaban Manusia, 2002
            Logika adalah ilmu yang mempelajari cara berpikir yang logis. Cara berpikir ini dapat berupa cara menentukan benar tidaknya suatu pernyataan. Misalnya, pernyataan "Air sungai bermuara di danau dan di laut" merupakan pernyataan yang benar karena tidak ada pertentangan di dalamnya. Bandingkan dengan pernyataan "Air adalah zat cair dan zat padat" yang merupakan pernyataan salah karena terkandung pertentangan di dalamnya.
Di dalam logika matematika, Anda akan mempelajari membuat suatu ingkaran dengan benar dari suatu pernyataan. Misalnya pernyataan "Semua kasir adalah perempuan", ingkarannya adalah "Ada kasir bukan perempuan", bukan "Semua kasir bukan perempuan", karena dengan cukup seorang kasir laki-laki akan mengingkari pernyataan pertama. Selain itu, pada bab ini Anda juga akan mempelajari cara penarikan kesimpulan yang sah (valid). 
George Boole
Di Abad ke-19, ahli matematika berkebangsaan Inggris, George Boole (1815- 1864) yang tidak pernah menyelesaikan kuliahnya, ternyata menjadi profesor matematika. Beliau menyelidiki hukum dasar logika dan menyatakannya dalam istilah aljabar. Pada tahun 1854, ia menerbitkan aljabar temuannya, yaitu suatu cara untuk menggabungkan lambang-lambang yang menyatakan aturan-aturan logika secara sempurna. Sekarang, Anda mengenal aljbar Boolean yang dapat menjelaskan logika matematika pada komputer.
Sumber: Finite Mathematics and Its Application, 2nd Edition, 1994
Kode Biner dalam Program Komputer
George Boole (1815 - 1864), ahli matematika Inggris adalah orang pertama yang menggantikan nilai kebenaran "benar" dengan "1" dan nilai kebenaran "salah" dengan "0". Sistem bilangan yang hanya terdiri atas dua macam bilangan tersebut dinamakan system biner. Temuan ini sangat berguna untuk menyusun program komputer. Proses pengubahan data ke dalam sistem bilangan biner disebut konversi biner, dan notasi yang dihasilkan dari konvensi ini dinamakan kode biner.
Sumber: Ensiklopedi Matematika dan Peradaban Manusia, 2002

Leibnitz Gottfried Wilheim (1646–1717)
Ia adalah seorang tokoh filsafat matematika, ilmu alam, sejarah, sarjana hukum, dan diplomat Jerman. Leibniz dan Sir Isaac Newton, secara terpisah mengembangkan teori hitung pada kalkulus. Teori ini di dalamnya memuat beberapa jenis fungsi, seperti fungsi kuadrat, fungsi diferensial, dan fungsi integral. Ia juga mengembangkan sistem bilangan biner dan menemukan alat Bantu hitung.
Sumber: The World Book Encylopedia, 1995
GOTTFRIED WILHELM LEIBNIZ
            Gottfried  Wilhelm Leibniz  adalah seorang jenius universal, seorang pakar dalam hukum, agama, filsafat, kesusasteraan, politik, geologi, sejarah, dan metematika. Lahir di Leipzig, Jerman, ia mendaftar di universitas Leipzig dan menggondol doctor dari universitas Altdorf. Seperti Descartes, yang karyanya ia pelajari, Leibniz mencari suatu metode universal dengan mana ia dapat memperoleh pengetahuan dan memahami kesatuan sifat-sifat dasarnya. Salah satu keinginan besarnya adalah mendamaikan keyakinan katolik dan protestan.
            Bersama dengan Issac Newton, ia membagi penghargaan untuk penemuan kalkus. Masalah   prioritas menyebabkan pertentangan yang tidak henti-hentinya antara pengikut dua orang besar ini, satu Inggris, yang lainnya Jerman. Sejarah menjadi hakim bahwa Newtonlah yang pertama mempunyai pemikiran utama.(1665-66), tetapi bahwa Leibniz menemukan mereka secara tersenidir selama satu tahun 1673-76. Dengan kebesaran itupun, Leibniz menerima kehormatan seperti yang dicurahkan pada Newton. Ia meninggal sebagai orang kesepian, pemakamannya hanya dihadiri seorang pelayat yaitu sekretarisnya. Mungkin Leibnizlah pencipta lambing matematis terbesar. Kepadanya nama-nama Kalkus Diferensial dan Kalkus Integral, sama halnya seperti lambing-lambang baku dy/dxdan f untuk turunan dan integral. Istilah Fungsi dan penggunaan secara konsisten dari = untuk kesamaan merupakan sumbangan-sumbangan lainnya. Kalkus berkembang jauh lebih cepat didaratan Eropa dari pada di Inggris, sebagian besar disebabkan oleh keunggulan perlambangannya
Rene Descartes (1888–199)
Seorang ahli matematika berkebangsaan Perancis. Ia menciptakan cara menentukan letak suatu titik terhadap perpotongan dua sumbu, yaitu sumbu-x dan sumbu-y yang dikenal dengan sistem koordinat Cartesius.
Sumber: Ensiklopedi Matematika & Peradaban Manusia, 2002
Di negara-negara berkembang, angka kriminalitas, angka kematian bayi, dan jumlah pengangguran cenderung tinggi. Adakah relasi antara tingkat perekonomian suatu Negara dengan angka kriminalitas, angka kematian bayi, dan jumlah pengangguran. Apakah yang dimaksud dengan relasi? Di Kelas VIII, Anda telah mempelajari konsep relasi dan fungsi. Pada bab ini, konsep tersebut akan dipelajari kembali dan dikembangkan sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh penggunaan relasi pada kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut. Sebuah Perusahaan taksi menetapkan aturan Rp4.500,00 untuk "tarif buka pintu". Selanjutnya, penumpang dibebankan argo Rp3.500,00 setiap 1 km. Jika penumpang menempuh jarak 8 km, berapakah tarif taksi yang harus dibayar? Dengan konsep relasi dan fungsi, Anda dapat memecahkan masalah tersebut dengan lebih mudah.
Leonardo da Vinci (1452–1519)
Seorang seniman dan ahli teknik berkebangsaan Italia, Leonardo da Vinci adalah salah seorang jenius dari zaman Renaissance. Ia yang membuat lukisan paling terkenal sepanjang massa, yaitu "monalisa" dan "The Last Supper", Da vinci selalu mengisi buku catatannya dengan berbagai penemuan dan inovasi ilmiah. Ia dapat menggambar dengan
 tangan kanan dan menulis dengan tangan kiri serta menggunakan tulisan cermin untuk mencatat pekerjaannya.
Sumber: www.hschamberlain.net
GEORGE FRIEDRICH BERNHARD RIEMANN
Siapakah orang yang pertama kali menemukan integral tertentu? Dia adalah George Friedrich Bernhard Riemann, seorang Matematikawan asal Jerman yang lahir pada tahun 1826. Riemann menjelaskan integral tertentu dengan menggunakan luas daerah yang dihitungnya menggunakan poligon dalam dan poligon luar. Untuk mengenang jasanya, integral tertentu tersebut dinamakan integral Riemann. Riemann meninggal pada tahun 1866.
Sebuah home industry pada bulan Januari 2008 memproduksi 310 unit kerajinan tangan. Home industry tersebut menargetkan jumlah produksinya bertambah 20 unit setiap bulan. Berapakah jumlah produksi home industry tersebut pada bulan Desember 2008? Dengan menggunakan konsep barisan aritmetika, Anda dapat memecahkan masalah ini.
INTEGRAL
            Bernhard Riemann menerima pendidikan dini dari ayahnya, seorang pendeta Protestan Jerman. Pada waktu ia memesuki pedidikan tinggi tahun 1846, maksudnya adalah mempelajari ilmu agama dan ilmu bahasa-bahasa. Beruntung untuk matematika, ia memilih Universitas Gottingen, yang telah dan selama 100 tahun berikutnya tetap merupakan pusat matematika dunia. Di sana ia kena pengaruh W.E.Wever, seorang fisikawan kelas satu, dan Karl F.Gauss, matematikawan terbesar saat itu. Seseorang tidak perlu menginginkan guru yang lebih baik. Pada tahun 1851 ia menerima Ph. D-nya dibawah Gauss, setelah itu ia tinggal di Gottingen untuk mengajar. Ia meninggal karena tbc 15 tahun kemudian.
Hidupnya singkat, hanya 39 tahun. Ia tidak mempunyai waktu untuk menghasilkan karya matematika sebanyak yang dihasilkan Cauchy atau Euler. Tetepi karyanya mengagumkan untuk kwalitas dan kedalamannya. Makalah-makalah matematisnya menetapkan arah baru dalam teori Fungsi kompleks memprakarsai studi mendalam dari apa yang sekarang ini di sebut topologi, dan dalam geometri memulai perkembangan yang memuncak 50 tahun kemudian dalam teori relativitas Einstein.
 Kita asosiasikan Riemann dengan bab ini, karena walaupun Newton dan Leibniz  keduanya mempunyai suatu versi tentang integral dan mengetahui Teorema Dasar dari kalkus integral, Riemann-lah yang memberi kita definisi modern tentang integral tertentu. Untuk menghormatinya, di sebut integral Riemann.
Fibonacci (1170–1250)
 Leonardo dari Pisa adalah orang yang mengenalkan angka nol ke dunia Barat. Anak muda yang lebih dikenal dengan nama Fibonacci ini belajar matematika dari orang-orang islam dan menjadi matematikawan jenius dengan autodidak. Ia menemukan deret bilangan yang diberi nama seperti namanya, deret Fibonacci, yaitu 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, 233, 377, …
Sumber: Ensiklopedi Matematika,2008
ALBRECHT DURER
Albrecht Durer adalah seorang seniman sekaligus matematikawan asal Jerman. Dia begitu menekuni pekerjaannya di bidang seni. Oleh karena Durer juga sangat menyukai matematika, kerap kali dia mengaitkan matematika dalam karyanya. Pada tahun 1514, salah satu hasil karyanya di bidang seni yang membuktikan bahwa ia menyukai matematika adalah Melancholia. Karyanya ini berupa seni pahat yang memuat bangun persegi yang terdiri atas persegi-persegi kecil yang berisi bilangan. Sumber: Ensiklopedi Matematika (Topik-Topik Pengayaan), 2003.
AUGUSTIN-LOUIS CAUCHY (1789-1857)
            Augustin-louis cauchy lahir di paris di didik di ecole pilytechnique. Karena kesehatan yang buruk ia di nasehatkan untuk memusatkan pikiran pada matematika. Selama karirnya, ia menjabat maha guru di ecole pilitachnique, Sorbonne, dan callege de france. Sumbangan-sumbangan matematisnya cemerlang dan mengejutkan dalam jumlahnya. Produktivitasnya sangat hebat sehingga academy paris memilih untuk mambatasi ukuran makalahnya dalam majalah ilmiahuntuk mengatasi keluaran dari Cauchy.
            Cauchy seorang pemeluk katolik saleh dan pengikut raja yang patuh. Dengan menolak bersumpah setia kepada pemerintah pracis yang berkuasa dalam tahun 1830, ia mengasingkan diri ke Italia untuk beberapa tahun dan mengajar di beberapa institute keagamaan di paris sampai sumpah kesetiaan di hapus setelah revolusi 1848.
            Cauchy mempunyai perhatian luas. Ia mencintai puisi dan mengarang suatu naskah dalam ilmu persajakan bahasa yahudi. Keimanannya dalam beragama mengantarnya mensponsori kerja social untuk ibu-ibu tanpa nikah dan narapidana.
            Walaupun kalkulus di ciptakan pada akhir abad ke tujuh belas, dasar-dasarnya tetap kacau dan berantakan sampai cauchy dan rekan sebayanya (Gaus, Abel, dan Bolzano) mengadakan ketelitian baku. Kepada cauchy kita berhutang pemikiran pemberian dasar kalkulus pada depinisi yang jelas dari konsep limit. semua buku ajar modern mengikuti, paling sedikit dalam intinya, penjelasan kalkulus yang terinci oleh cauchy.
ISSAC NEWTON
            Lahir pada keluarga petani Inggris pada hari Natal, 1642, Issac Newton sebagai seorang pemuda remaja memperlihatkan sedikit harapan akademis. Ia bosan dengan sekolah, lebih senang membuat laying-layang, roda air, jam, dan perkakas lain. Seorang paman pertama kali mengenali bakat luar biasa anak tersebut; ia membujuk ibu Newton untuk memberangkatkan Newton ke Trinity College dari Universitas Cambridge. Disana ia kena pengaruh Issac Barrow, seorang pakar ilmu agama dan mahaguru matematika. Barrow melihat didalam Newton kemampuan yang lebih besar dari  pada dirinya dan menyerahkan kemahaguruannya kepada Newton pada waktu umur Newton hanya 26 tahun.
            Sebelum itu sesaat setelah wisuda dari Trinity, Newton pergi pulang untuk menghindari wabah penyakit pes 1664-65. Selama   18 bulan sejak Januari 1665, ia menekuni masalah matematika dan ilmu yang terkemuka. Tidak terdapat kejeniusan yang dapat dibandingkan penuh dalam sejarah ilmu. Dalam waktu singkat tersebut, Newton menemukan teorema binomial umum, elmen dari kalkulus diferensial maupun intrgal, teori warna-warna, dan hukum grapitasi universal. Lagrange memuji bahwa Newtonlah jenius terbesar yang pernah hidup dan yang paling mujur, karena hanya sekali sisitem semesta dapat di kembangkan.
            Sama seperti banyak ilmuan sebayanya, Newton adalah seorang pemeluk agama yang saleh dan dikatakana telah memberikan waktu yang sama banyaknya untuk mempelajari injil dan untuk matematika.ia meninggal sebagai seorang terhormat pada usia 85 dan dimakamkan di West min ster Abbey.

ARCHIMEDES DAN SUMBANGANNYA TERHADAP INTEGRAL
Archimedes dari Syracuse, tampa diragukan, merupakan matematikawan terbesar dari zaman purbakala. Keturunan Yunani, ia menerima pendidikan di Alexandria, pusat pengajaran dan kebudayaan Yunani. Pada masanya sendiri ia terkenal sebagai pencipta dan seorang ilmuan peraktis.Ia menciptakan sekruk Archimedes untuk memompa air, ia menyatakan sifat katrol dan pengungkit ( “berikan saya tempat  untuk berdiri dan saya kan gerakkan bumi”), ia membangun sebuah model mekanis yang meniru gerakan bulan dan planet-planet, dan – untuk memuaskan raja Syracuse – ia menemukan cara untuk memutuskan apakah mahkota raja di buat dari emas asli tanpa meleburnya (prinsip daya apung Archimedes). Penemuan-penemuan dan perkakas-perkakas praktis untuk Archimedes hanyalah hiburan blaka ; tulisan-tulisannya yang terbaik dan pikirannya yang   paling tajam dicurahkan ke bagian dari matematika yang sekarang di kenal sebagai kalkulus Integral. Dengan memakai metode (metode keletihan) dimana ia menjumlahkan sejumlah besaran-besaran yang sangat kecil. Sumbangan-sumbangan antara lain adalah rumus lingkaran, luas dari potongan parabola, luas elips, volume dan luas permukaan bola, dan volume kerucut dan benda-benda putar lain. Ia dikatakan telah maminta kepada teman-temannya agar di atas batu nisannya diletakkan sebuah bola yang berisi tabung berukir, ditulisi dengan hasil bagi volume bola dan tabung tersebut.
LEON HARD EULER
Dapatkah anda bayangkan seseorang menulis tentang matematika setara dengan 75 buah buku? Itulah sumbangan Leon Hard Euler, tokoh dominan matematika abad ke-18 dan pengarang matematika yang paling subur sepanjang masa. Lahir dekat Basal, Swis, ia belajar kepada orang sebangsanya Johann Bernoulli dan telah menerbitkan makalah makalah pada usia 18 thn. Ia menjabat di Universitas Basel, St. Petersburg Academy of sciences, dan Berlin Academy of science. Pada waktu ia meninggal, disebutkan bahwa semua matematikawan eropa adalah mahasiswanya.
Minat Eul;er terentang di semua matematika dan fisika.kita telah memilihnya sebagai waki dari bab ini karena sumbangannya pada kalkus fungsi fungsi trasenden (yakni bukan aljabar). Khususnya, ia memperkenalkan ℮ sebagai bilangan dasar untuk logaritma asli, memperlihatkan bahwa ℮2  adalah takrasional, dan menemukan hubungan luar biasa ℮iπ = -1.
Kebutaan dari 17thn terakhir dari hidupnya nampaknya tidak menghambat karyanya. Sebagian, diakibakan oleh daya ingatnya yang ajaib; ia mengetahui dalam hati rumus rumus trigonometri dan analisis, ditambah banyak puisi dan seluru aineid. Dikatakan ia telah mengerjakan suatu perhitungan sampai 50 posisi decimal dalam kepalanya.
Euler adalah seorang pecinta keluarga, yang sering kali menghabiskan waktu sore harinya dengan membangun permainan-permainan ilmiah dan membaca injil untuk 13 putra putrinya. Ia memang seorang manusia yang benar-benar mengagumkan.
JOHANN BERNOULLI
Johann Bernoulli mungkin yang paling terkenal dari sebuah keluaarga matematikawan yang produktif. Paling sedikit 8 orang yang terkemuka mempunyai nama Swiss-Bernoulli, yang dikatakan masih terdapat matematikawan aktif yang mempunyai nama ini. Tetapi, demikian banyaknya bakat matematis dalam suatu keluarga boleh jadi bukan merupakan berkah yang tak terbagi, seperti yang akan kita lihat.
Johanndan saudaranya Jacques, setelah Newton dan Leibniz, merupakan perintis-perintis terpenting dari kalkulus. Kedua saudara tersebut bersaing dengan penuh semangat dan sering dengan sengit demi pengakuan, walaupun mereka tetep berkomunikasi satu sama lain dan dengan Leibniz tentang matematika.