Jumat, 10 Desember 2010

PENDIDIKAN

PENINGKATAN MUTU DAN KOMPETENSI GURU
Oleh: Muhammad Zamroni

Pendidikan ibarat suatu industri yang perlu dikelola secara efisien dan professional guna menghasilkan komuditi yang bermutu tinggi serta dapat dipasarkan. Salah satu persyaratan bagi keberhasilan pendidikan adalah tersedianya tenaga professional yang cukup dan berkualitas tinggi atau mempunyai potensi. Jadi pembelajaran yang dilakukan dalam institusi pendidikan,  seorang guru diharapkan dapat mengembangkan potensi yang ada pada anak didik. Begitupun anak didik juga diharapkan mempunyai pengetahuan yang luas, sebab dengan pengetahuan,  mereka akan bertambah wawasannya dan akan mendapatkan posisi atau tempat yang tinggi dihadapan Tuhan. Sebagaimana sebuah maqol  yang berbunyi :
مَنْ اَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَمَنْ اَرَادَ الْاَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَ َمنْ اَرَادَ هُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ 
" Barang siapa yang mengharapkan dunia, maka dengan ilmu dan barang siapa yang menghapakan akhirat juga dengan ilmu. Bila ingin mengharapkan keduanya, tak lain hanyalh dengan ilmu "
Selain itu pula, seorang guru dituntut untuk bisa menciptakan pembelajaran yang kreatif, dan menyenangkan. Karena pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks dan melibatkan berberapa aspek yang saling berkaitan. Oleh karena itu untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif, menyenangkan diperlukan berbagai keterampilan.
seorang guru dapat melakukan melalui gaya mengajar guru diantaranya yakni menggunakan media, sumber belajar yang bervariasi dapat menyediakan alat dan bahan yang dapat dilihat, di dengar diraba, dimanipulasi dan penggunaan sumber belajar yang ada disekitarnya. Dengan begitu untuk meningkatkan prestasi siswa sangat mudah, karena melalui beberapa variasi. Pengelolaan disini juga merupaka keterampilan guru untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif dan bisa mengendalikan jika terjadi gangguan dalam pembelajaran.
Di zaman sekarang jabatan guru tampaknya sudah menjadi profesi yang menjadi sumbermata pencaharian. Guru bukan hanya menerima amanat pendidikan, malainkan juga orang yang menyediakan dirinya sebagai pendidik profesional. Pemerintah menyediakan sekolah, lalu beberapa orang dipilih untuk mengelolanya. Atau sekelompok orang membangun sekolah, lalu iklan dipasang dan para murid berdatangan.
Sekarang kita dapat merenungkan betapa berharganya jasa dan kemauan seorang guru untuk mendidik anak didik yang nantinya akan menjadi penerus perjungan dan perjalanan bangsa Indonesia kearah yang lebih cerah. Selain itu pula, guru dituntut untuk terus meniungkatkan kreatifitasnya guna memperoleh hasil yang maksimal dalam mencerdaskan anak bangsa.
Oleh karena, mutu dan kompetensi guru harus selalu dilestarikan dan dikembangkan oleh pemngelola pendidikan, agar lembaga yang dipimpinnya menapatkan nilai plus demi kecerdasan anak bangsa yang siap berkompetensi dengan lembaga pendidkan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar