Jumat, 28 Januari 2011

Organisasi Fatayat NU


Masa Depan Perempuan Bersama Fatayat NU
Oleh: M. Zamroni

NU sebagai organisasi keagamaan dan organisasi kemasyarakatan telah mewadahi ummat Islam secara mayoritas, khususnya di Indonesia. Tujuan sejati NU tidak lain untuk memacu pelaksanaan pembangunan sebagai pengamalan pancasila, serta mengusahakan kondisi nasional yang dapat memberikan semangat bagi semua potensi pembangunan untuk beperan dalam mewujudkan keseimbangan antara pembangunan spiritual dan material, lahiriyah dan bathiniyah.
Bentuk tujuan sejati itu telah nampak menjadi nyata di mata ummat Islam dan bangsa Indonesia. Karena NU sebagai organisasi telah mewujudkan prestasi yang sangat mulia, seperti tebentuknya Muslimat NU, dimana Muslimat NU adalah organisasi yang mewadahi para kaum perempuan Islam yang telah berkeluarga. Selain itu, ada juga Fatayat NU. Fatayat NU adalah organisasi yang dikhususkan bagi para pemudi-pemudi Islam.
 Kita tahu, sejarah telah mencatat betapa perempuan diperlakukan secara tidak manusia. Kehidupan mereka ketika itu, sangat termarjinalkan, sehingga semua apa yang saharusnya mereka raih dan miliki ternyata itu hanya mimpi. Oleh sebab itu, kedua organsasi tersebut, yang dibentuk oleh NU, merupakan bentuk prestasi yang sangat mulia di sisi Allah. Karena dengan organisasi itu kaum perempuan dapat berekspresi, berkarya, serta menampilkan dan mengembangkan potensinya.
Jadi, Fatayat NU yang bernaung di bawah NU adalah salah satu wadah bagi kaum pemudi Islam untuk mengekspresikan semua apa yang dimiliki dengan berlandaskan ahlussunnah waljama'ah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar